AddThis

Share |

Kamis, 15 April 2010

Smoga "Sang Arjuna" can do it

Sebuah keluarga inti terdiri dari suami, istri, dan anak-anaksebagai buah pernikahan. Untuk mewujudkan sebuah keluarga yang bahagia,masing-masing anggota keluarga harus memahami apa peran dan fungsinyadalam keluarga tersebut. Selain itu, suami dan istri harus dapatmewujudkan diri sebagai orang yang “terbaik” di mata pasangannya.

Seorang istri tentunya mendambakan suami yang baik, penuhpengertian, dan mampu memimpn keluarganya untuk mewujudkan keluargayang bahagia. Kriteria suami dambaan istri itu berbeda-beda, tergantungdari istri tersebut. Namun secara umum, ada beberapa criteria pentingyang dapat direnungkan oleh para suami, agar dirinya menjadi sumidambaan istrinya. Hal hal tersebut diantaranya adalah:

1. Penuh pengertian

Sesuai dengan kodratnya sebagai seorang wanita, istri adalah sosokyang haus akan kasih sayang dan perhatian. Semandiri apapun ia,tetaplah ia mengharapkan perhatian dari sang suami. Baginya, perhatiandari seorang suami merupakan salah satu tanda akan rasa cinta suamikepada dirinya.
Seorang suami yang baik harus dapat memberikan perhatian kepadaistrinya. Perhatian itu dapat diberikan melalui berbagai cara. Adasuami yang mengungkapkan perasaan sayang dan perhatiannya lewathadiah-hadiah kecil, ada juga yang menggunakan cara lain untukmenunjukkan perhatiannya pada sang istri. Apapun cara yang dipgunakan,perhatian suami sangat penting dan diharapkan oleh istrinya.

2. Setia

Siapa orang yang tidak ingin memiliki pasangan hidup yang setia?Saya yakin jawabannya adalah TIDAK ADA. Ya… tidak ada satu orangpun didunia ini yang tidak ingin memiliki pasangan hidup yang setia. Karenakesetiaan merupakan salah satu bentuk dari sebuah perasaan cinta yanghakiki.
Seorang istri ingin cinta suami itu hanya untuknya. Karenanyakecemburuan adalah bagian dari cinta. Sapaan sayang di tengahkesibukan, walaupun hanya satu dua menit kata-kata yang disampaikanlewat telepon, walaupun hanya satu dua kalimat SMS, akan menjadipengokoh kepercayaan. Hadiah yang diberikan: martabak kesukaannya,seikat bunga, atau sebuah jam tangan yang manis akan menguatkan cinta.Dan mengingat hari ulang tahun serta hari pernikahan akan menjadi buktikesetiaan suami yang disukai seorang istri.

3. Sabar dan pemaaf

Seorang istri akan amat bersyukur jika suaminya mau menerima dirinyaapa adanya. Suaminya mampu memaafkan dan bersabar atas kekurangan yangada pada dirinya. Ia butuh waktu untuk membina dirinya. Ia bahkan butuhwaktu untuk memahami dirinya sendiri, ketika satu ketika ia tidakmenjadi dirinya sendiri.Seorang istri perlu mendapatkan nasihat, akantetapi itu dilakukan dengan penuh kesabaran dan kasih sayang.

4. Teguh hati dan bersemangat

Seorang istri senang melihat suaminya senantiasa berteguh hati danbersemangat dalam menyelesaikan berbagai tugas dan amanah. Ia senangsuaminya dapat senantiasa prima menunaikan tugas-tugas di luar rumahdan sekaligus membantu menyelesaikan permasalahan di rumah. Karenanyaseorang istri senang melihat suaminya akrab bercengkrama, bermaindengan anak-anaknya. Dan saat suami sesekali memasak untuk keluarga,ada sentuhan hangat menyentuh relung jiwa seorang istri.

5. Romantis

Seorang wanita sangat senang jika menerima sesuatu yang bersifatromantis. Meskipun (mungkin) di depan kita ia bersikap biasa saja,namun dalam hatinya ia akan merasa senang, karena menerima hal-hal yangbersifat romantis. Begitu juga halnya dengan istri kita. Seorang istritentunya akan merasa senang jika sang suami mampu bersikap romantic,terlebih lagi jika dikeseharian sang suami terkesan “kasar”.
Ekspresi cinta dan sayang dari suami yang benuansa romantis akandapat membuat rasa sayang istri bertambah. Ia akan merasa bangga(apalagi dihadapan teman-temannya) jika memiliki suami yang romantis.Sikap romantis suami dapat ditunjukkan dengan berbagai cara. Semua itutergantung dari kreativitas suami dalam mengekspresikan perasaan cintadan sayangnya kepada sang istri.

6. Rapi dan wangi

Seorang istri suka suaminya rapi. Rapi menata rambut dan rapiberpakaian, bahkan dalam suasana santai. Kerapian yang disukai adalahkerapian yang alami dan melekat dalam kehidupan suami.Sikap suami yangkooperatif dalam menjaga kerapian rumah juga disukai seorang istri.Karenanya ketika seorang suami berinisiatif menyapu ruang tengah,membersihkan kompor di dapur, atau membersihkan kamar tidur denganmembongkar tempat tidur secara rutin, ada apresiasi tersendiri dariseorang istri.Rapi, bersih dan wangi pada seorang suami membuatistrinya senang. Seorang suami bisa meminta istrinya memilihkan minyakwangi baginya. Ia akan terbantu menyempurnakan penampilan bagi istrinya.

7. Ceria dan ramah

Suami yang selalu ceria dan ramah menjadi salah satu dambaan sangistri. Senyum dan keramahan suami laksana angin sejuk di tengahberbagai kelelahan setelah istri disibukkan dengan urusan rumah tangga.Perhatikanlah, ia mesti terus memperhatikan anaknya yang terus bergerakkesana kemari, bereksplorasi ketika mulai bisa merangkak. Dan saat sianak lelah tertidur, ia mesti bersiap-siap memasak dan merapikan rumahbagi suaminya yang sebentar lagi pulang. Senyum dan sapaan sayang suamiakan menjadi hiburan jiwa bagi sang istri. Sikap humoris juga amatmembantu seorang istri untuk selalu menjaga suasana riang hatinya. Inisemua akan membantunya untuk terus bersabar dan ikhlas dalam menunaikantugas-tugasnya.

8. Menjadi pemimpin yang melindungi

Suami adalah pemimpin dalam rumah tangga. Setiap anggota keluargasebaiknya mematuhi pemimpin keluarga tersebut. Namun, pemimpin sepertiapakah yang didambakan oleh seorang istri? Yang dibutuhkan dandidambakan oleh seorang istri adalah suami yang mampu menjadi pemimpindan pelindung keluarganya. Kepemimpinan yang ia harapkan adalah yangsenantiasa menentramkan jiwanya, mengokohkan ruhaninya, memberikanpencerahan demi pencerahan pada akalnya dan membantu menjaga kebugarandan kesehatan tubuhnya. Kepemimpinan yang ia sukai adalah yangmemadukan ketegasan dan kelembutan. Yang menebarkan cinta, bukanmembuat takut.

Karena itu, jadilah suami yang mampu memimpin keluarga dengan arif,bijak, dan mampu melindungi keluarganya dalam segala hal. Suami dambaan istri adalah suami yang benar-benar menjadi pemimpin, bukan suami yangmenjadi boss.



Copy from : http://anurachman.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu


ShoutMix chat widget

Time

My Team

Cek Dolar ah,,

Followers